Lebongconservation's Blog


Eksistensi Kabupaten Lebong Sebagai Kabupaten Konservasi

peta_cdmTidak mudah menjaga eksistensi sebuah nama seperti kabupaten Lebong dengan label kabupaten konservasi beban  dan tanggung jawab bukan perkara mudah, berbagai kendala dan permasalahan. Beban dan tanggung jawab tidak hanya terfokus pada biaya untuk menjaga eksistensi tersebut, melainkan permasalahan sosial dan ekonomi pada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan yang sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi. Dari kebiasaan masyarakat yang yang awalnya mengandalkan kehidupannya kepada hutan, merupakan tantangan yang cukup berat untuk merubah kebiasaan tersebut, hutan merupakan tumpuan hidup mereka, mencari kehidupan dan sumber penghidupan, belum permasalahan dan kasus pencurian kayu  yang menambah daftar panjang permasalahan kabupaten Lebong.

Sebuah konsep yang patut kita dukung adalah membangun ekonomi dengan berkonservasi, sebuah tujuan yang cukup mulia dan tepat, karena membangun ekonomi secara terintegrasi dengan memperhatikan konservasi merupakan konsep pembangunan ekonomi yang tepat untuk Kabupaten Lebong.

Rupanya angin segar sedang menuju Kabupaten Lebong, dalam membangun ekonomi  dengan konsep konservasi hal ini muncul beberapa tawaran dari negara-negara donor untuk melaksanakan transaksi Carbon Trade atau Carbon Credit.

Pemerintah Kabupaten Lebong di awal tahun 2009 sedang menjalankan program Lebong Carbon Conservation, yang di dukung oleh berbagai elemen yang peduli terhadap Kabupaten Lebong, yang secara administrasinya di dominasi oleh Hutan.

Program Lebong Carbon Conservation ini di dukung oleh satu kelompok Hijau Lestari yang meberikan fasilitas kepada para pembeli, trader carbon di beberapa negara yang berminat.

Suatu perjalanan yang cukup panjang untuk kabupaten Lebong yang baru berumur 4 tahun ini, dalam mengatasi dan menjaga hutan termasuk ekosistem yang ada di kabupaten Lebong.

Sebagai Catatan buat kita semua, kritikan dan berbagai cercaan bukanlah satu masalah buat kabupaten Lebong, melainkan satu pemicu untuk bisa melaju lebih kencang dan lebih cepat dalam mewujudkan idealisme sebuah kabupaten Konservasi.

Kepada publik yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai program Lebong Carbon Conservation dipersilahkan untuk mengunjugi web site kami di http://www.lebongconservation.org


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan komentar